Kenapa Kacang Camilan Sehat yang Baik Untuk Tubuh?



Kacang adalah buah kering sederhana yang terdiri dari satu atau dua biji yang dapat dimakan sebagai camilan sehat di dalam cangkang keras. Contohnya termasuk almond, kacang Brazil, kacang mete, hazelnut, macadamias, pecan, kacang pinus, pistachio, dan kenari. Meskipun kacang tanah adalah kacang-kacangan, namun dianggap kacang karena karakteristiknya yang mirip dengan kacang pohon lainnya.

Profil nutrisi biji sangat mirip dengan kacang-kacangan. Biji yang biasa dikonsumsi antara lain biji labu, biji rami, biji wijen, biji poppy, biji bunga matahari, biji psyllium dan biji chia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kacang secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat tidak meningkatkan berat badan, dan dapat melindungi dari penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Sedikit yang diketahui tentang manfaat benih karena penelitian terbatas, tetapi dianggap memberikan manfaat kesehatan yang serupa karena kesamaan kandungan nutrisi. 

Nutrisi dalam Camilan Sehat kacang-kacangan dan biji-bijian

Secara keseluruhan, kacang-kacangan memiliki profil makronutrien (protein, karbohidrat dan lemak) yang sangat mirip, tetapi berbagai jenis kacang mungkin memiliki kandungan mikronutrien (vitamin dan mineral) yang sedikit berbeda. 

  • Kacang-kacangan memiliki energi sekitar 29 kJ per gram, dan adalah:
  • tinggi lemak tak jenuh tunggal (kebanyakan jenis kacang) dan lemak tak jenuh ganda (terutama kenari)
  • rendah lemak jenuh

sumber protein makanan yang baik, karenanya merupakan alternatif yang baik untuk protein hewani. Beberapa kacang juga tinggi asam amino arginin, yang menjaga pembuluh darah tetap sehat

  1. bebas dari kolesterol makanan
  2. tinggi serat makanan
  3. kaya akan fitokimia yang berperan sebagai antioksidan

kaya vitamin E, B6, niasin dan folat; dan mereka menyediakan mineral seperti magnesium, seng, besi tumbuhan, kalsium, tembaga, selenium, fosfor dan kalium.

Seperti kacang-kacangan, kebanyakan biji-bijian kaya akan protein, lemak sehat, serat, mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, zat besi dan seng, serta mengandung vitamin B1, B2, B3 dan vitamin E. Biji berminyak juga mengandung antioksidan yang menghentikan lemak. dari menjadi tengik terlalu cepat. 

Karena profil nutrisi yang unik dari kacang-kacangan dan biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian diketahui memberikan beberapa manfaat kesehatan, termasuk:

  • membantu pengaturan berat badan
  • mengurangi risiko penyakit jantung
  • mengurangi risiko diabetes.

Jadi, makin tertarik belum untuk mengonsumsi kacang-kacangan? Shared dong kacang apa yang paling ingin Anda konsumsi dan apa yang sudah Anda konsumsi sehari-hari.


Comments